Selasa, 16 Juni 2020

Mengapa Rusun Biasa Disebut Sebagai Untuk Orang Berpendapatan Rendah?

Rusun atau rumah susun merupakan salah satu jenis hunian yang dianggap murah. Mengapa demikian? Penyebab utama stigma ini adalah karena rusun merupakan hunian canangan pemerintah. Pemerintah sengaja membangun rusun untuk membantu masyarakat menengah kebawah agar bisa mendapatkan hunian yang layak. 


Pada bentuk bangunannya, rusun memiliki kemiripan dengan apartemen dan kondominium. Ia dibentuk bertingkat tinggi dengan unit yang banyak. Tujuan pemerintah membangun rusun ini adalah agar setiap keluarga memiliki privasi dan tempat tinggalnya masing-masing. Ada banyak variasi untuk masing-masing ukuran unitnya. 


Meskipun memiliki bentuk yang seperti apartemen, sosialisasi yang berlangsung di rusun sangat ramai seperti di perkampungan. Hal ini dikarenakan beberapa rusun memiliki unit yang dindingnya tidak terlalu tebal sehingga percakapan unit sebelah bisa terdengar. 


Tujuan lain dibangunnya rusun ini adalah untuk menghemat ruang tata letak kota. Perkotaan biasanya tidak memiliki ruang terbuka hijau yang banyak, sehingga mereka harus membuat hunian yang cukup untuk banyak orang tetapi tidak memakan tempat. Pembangunan rusun ini juga didasari oleh pasal-pasal yang berlaku loh. 


Lalu, mengapa stigma rusun hanya untuk orang berpendapatan rendah tumbuh subur di pemikiran orang Indonesia? Sederhana saja, karena mereka melihat rusun biasanya ada di perkampungan yang kumuh dan tidak teratur. Padahal, ada cukup banyak jenis rusun di Indonesia loh. Beberapa diantaranya adalah rusun khusus, rusun negara, rusun komersial hingga rusun umum. 


Rusun negara adalah rusun yang dikhususkan untuk para pegawai negeri. Tentu para pegawai negeri yang ada disana tidak akan membiarkan tempat tinggalnya kumuh bukan? Selanjutnya ada rusun komersial. Tipe rusun ini dibangun untuk masyarakat menengah keatas. Lalu, apa itu rusun khusus? Rusun khusus merupakan rumah susun yang dibentuk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sosial, misalnya untuk pekerja sosial yang dipekerjakan oleh negara. 


Hal-hal diatas tentu membuktikan bahwa stigma ‘rusun hanya untuk orang berpendapatan rendah’ tidaklah benar. Masih ada banyak jenis rusun lain selain rusun umum. Segeralah ubah pemikiran Anda karena hal tersebut tidak terbukti kebenarannya.

Related Posts

Mengapa Rusun Biasa Disebut Sebagai Untuk Orang Berpendapatan Rendah?
4/ 5
Oleh

Contact Me

Nama

Email *

Pesan *